Terpilih Jadi Ketum GP Ansor, Ini Janji Addin Jauharuddin

GP Anshor

Jakarta – Addin Jauharuddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 2024 – 2029. Dia terpilih dalam Kongres XVI GP Ansor yang berlangsung Jumat, 2 Februari 2024 di KM Kelud dalam pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Sebelumnya Gus Yaqut menyebut terkait pergantian Ketua Umum GP Ansor saat memberi sambutan di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sahabat bendahara umum sekaligus ketua panitia Addin Jauharuddin. InsyaAllah di kapal ini nanti akan ditetapkan jadi ketum menggantikan saya,” katanya dikutip dari detikcom, Jumat (2/2/2024).

 

Menag Yaqut juga mengatakan bahwa dirinya tak mungkin menjadi Ketua Umum GP Ansor lagi. Tetapi, jabatan sebagai Ketum PBNU masih memungkinkan.

Addin menggantikan Gus Yaqut Cholil Qoumas yang telah memimpin GP Ansor sejak 2016. Usai terpilih secara aklamasi, Adin menyatakan siap melanjutkan estafet kepemimpinan Gus Yaqut.

Di awal kepemimpinannya, Addin mengaku ada dua bidang yang menjadi prioritasnya. Yakni pembangunan sumber daya manusia dan penguatan ekonomi kader Ansor.

Selain itu dia juga akan tetap melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan pendahulunya yakni Gus Yaqut.

“Juga akan melaksanakan, melanjutkan apa yang sudah dibangun Gus Ketum, Gus Yaqut,” kata Addin kepada wartawan di KM Kelud, Jumat 2 Februari 2024.

Addin juga berjanji akan membawa Ansor menjadi penggerak agenda besar perjuangan Nahdlatul Ulama.

“Ansor sebagai elemen genetik NU menjadi penggerak dari agenda-agenda perjuangan Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Addin adalah kader GP Ansor kelahiran Cirebon, Jawa Barat. Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum, dia menjabat Bendahara Umum GP Ansor masa khidmah 2016-2021.

Nantinya, serah terima jabatan dari ketua umum lama ke ketua umum baru akan dilaksanakan begitu kapal bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Baca artikel detikhikmah, “Terpilih Jadi Ketum GP Ansor, Ini Janji Addin Jauharuddin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*