Premi Asuransi Umum Naik 6,2%, Sektor Ini Melonjak Drastis

Premi Asuransi Umum Naik 6,2%, Sektor Ini Melonjak Drastis

Ilustrasi Asuransi (Photo by RODNAE/Pexels)

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) melaporkan sejumlah capaian kinerja industrinya di semester I/2023. Premi asuransi umum diketahui meningkat, diikuti dengan terkereknya klaim pertanggungan.

Menurut data per Juni 2023, pendapatan premi asuransi umum tumbuh 6,2% dengan mengakumulasi dana sebesar Rp 48,9 triliun. Angka ini menempati porsi 18,4% dari keseluruhan industri asuransi di Indonesia.

Bila menilik pada rinciannya, Surety ship menjadi sektor dengan kenaikan premi tertinggi. Bagian ini menunjukkan kenaikan 45.4% dengan raihan 910 premi di paruh pertama 2023.

Untuk diketahui, https://303terpercaya.site/ surety ship adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan atas kemampuan Principal dalam melaksanakan kewajiban sesuai perjanjian pokok antara Principal dan Obligee.

Sementara itu, ada 4 lini bisnis yang pertumbuhan preminya terkontraksi pada periode ini yaitu, Asuransi Harta Benda, Asuransi Satelit, Asuransi Energy On Shore dan Asuransi Aneka. Asuransi satelit mengalami kontraksi dengan penurunan 93% dari 446 ke 31.

Disisi lain, untuk klaim industri asuransi umum, AAUI mencatat pertumbuhan sebesar 13,2% menjadi sebesar Rp20,1 Triliun. Sementara tahun lalu, klaim asuransi umum mencatatkan 17,7 Triliun Rupiah.

Adapun pangsa pasar yang mendominasi dalam pencatatan premi dari Industri Asuransi Umum pada Semester 1 2023 masih diisi oleh Asuransi Harta Benda & Asuransi Kendaraan Bermotor yang memperoleh jumlah porsi keduanya sebesar 45,7%.

Faktor besarnya asuransi harta benda adalah harga properti residensial yang meningkat sehingga mengakibatkan turunnya penjualan properti residensial pada semester 1 2023 sebesar 12,30%.

Sementara terkait asuransi kendaraan bermotor, besarnya pangsa pasar dipengaruhi peningkatan penjualan Roda 4 sebesar 8% sementara pada kendaraan roda 2 untuk domestik mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu 42,5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*