Penolakan Kajian Ustaz Syafiq Basalamah Diwarnai Kericuhan

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Asyiqun Nahdli mengklaim anggotanya menjadi korban pemukulan saat membubarkan pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya.

 

Surabaya, CNN Indonesia — Anggota GP Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) membubarkan pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya, Kamis (22/2).
Pembubaran tersebut sempat diwarnai kericuhan antara anggota GP Ansor dan Banser Gunung Anyar dengan jemaah Masjid Assalam Purimas.

“Akhirnya kita melakukan pengamanan tapi oleh mereka disambut tidak baik. Jadi adanya pemukulan. Jadi ini ada sekitar enam korban. Insiden kericuhannya dua kali, sekitar jam 17.00 WIB pertama kemudian 18.30 WIB maghrib,” kata Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar, Asyiqun Nahdli saat dikonfirmasi, semalam.

Asyiqun mengaku pihaknya sudah melayangkan surat keberatan ke masjid setempat terkait pengajian Syafiq Basalamah.

Pihak Ansor dan takmir kemudian melakukan mediasi dengan difasilitasi oleh Polsek Gunung Anyar. Singkat cerita semua pihak pun sepakat pengajian dibatalkan.

“Awalnya penolakan, terus kita mediasi di polsek, kita menemukan kesepakatan tapi kesepakatan itu dilanggar. Awalnya sepakat bahwa acara ini dibatalkan ternyata di media sosial mereka masih framing bahwa acara ini tetap berlanjut,” ujarnya.

Asyiqun mengatakan pihaknya menolak kajian Syafiq Basalamah lantaran yang bersangkutan terindikasi radikal.

“Sedangkan wilayah Gunung Anyar merupakan lumbung pesantren gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin,” katanya.

Asyiqun mengklaim kajian yang dilakukan Syafiq Basalamah juga dapat menimbulkan konflik di masyarakat dan mengganggu keharmonisan di wilayah Gunung Anyar.

“Bukan persoalan figurnya tapi karena persoalan prinsipnya dalam berdakwah karena dia menghakimi golongan lain,” jelasnya.

Menurutnya, kajian atau isi ceramah dari Ustaz Syafiq itu bertentangan dengan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah yang dianut masyarakat Kecamatan Gunung Anyar.

Belum ada keterangan resmi dari pihak pengurus atau takmir Masjid Masjid Assalam Purimas. Begitu juga oleh Kapolsek Gunung Anyar, Iptu Irwansyah Putra.

(frd/fra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*