Bagaimana Cara Lapor Kecurangan Pemilu 2024?

Masyarakat bisa melaporkan dugaan pelanggaran atau kecurangan Pemilu 2024. Lantas, bagaimana cara lapor kecurangan pemilu 2024?

 

Jakarta, CNN Indonesia — Masyarakat Indonesia bisa melaporkan dugaan pelanggaran atau kecurangan Pemilu 2024. Lantas, bagaimana cara lapor kecurangan pemilu 2024?
Pelanggaran pemilu adalah tindakan yang bertentangan atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait Pemilu.

Dilansir dari laman Bawaslu Provinsi Banten, ada tiga jenis pelanggaran yang bisa dilaporkan, yaitu:

Pelanggaran administrasi, meliputi tata cara, prosedur, dan mekanisme yang berkaitan dengan administrasi pelaksanaan Pemilu dalam setiap tahapan Penyelenggaraan Pemilu.
Tindak pidana pemilu, adalah pelanggaran dan/atau kejahatan terhadap ketentuan tindak pidana Pemilu, dan
Pelanggaran kode etik, adalah pelanggaran terhadap etika penyelenggara pemilu yang berpedoman pada sumpah dan/atau janji sebelum menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

Cara lapor kecurangan pemilu 2024
Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan jika menemukan dugaan kecurangan dalam pemilu, yaitu secara offline dengan melaporkannya langsung ke Bawaslu atau lapor secara online melalui KawalPemilu.

1. Lapor ke Bawaslu
Laporan dugaan pelanggaran dapat disampaikan secara langsung oleh pelapor ke kantor Bawaslu. Merujuk akun Instagram @BawasluRI, laporan disampaikan paling lama tujuh hari kerja sejak diketahui terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu.

Penyampaian laporan secara langsung ke Bawaslu dilaksanakan Senin-Kamis pukul 8.00 hingga 16.00.

Selain itu, laporan harus dilengkapi sejumlah syarat materiel, seperti waktu dan tempat kejadian dugaan pelanggaran; uraian kejadian; serta bukti berupa surat, dokumen, foto, video, atau barang lainnya.

2. KawalPemilu
Selain melaporkan secara langsung, masyarakat juga bisa mengajukan pelaporan secara online melalui situs KawalPemilu.

Platform ini disediakan bagi masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS se-Indonesia.

“Kami ingin KawalPemilu menjadi tempat untuk mencocokan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional. Semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS tersebut, semakin besar transparansi di TPS tersebut,” tulis KawalPemilu.

Berikut langkahnya.

Foto hasil pemilihan presiden (pilpres) dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau form C-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon.
Lakukan login terlebih dahulu.
Kemudian, unggah foto tersebut di situs kawalpemilu.org
Lampirkan angka hasil penghitungan suara.
Pihak KawalPemilu nantinya akan me-review foto, hasil suara, serta lokasi TPS yang diunggah.
Demikian penjelasan atas pertanyaan bagaimana cara lapor kecurangan pemilu 2024. Semoga membantu.

(fef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*